Kamis, 01 Juni 2017

Memilih Jurusan Ilmu Komunikasi


Hallo, Assalamualaikum wr.wb semuanyaa....Akhirnya saya mau nulis dan share artikel yang mudah-mudahan berguna bagi para calon-calon mahasiswa dan mahasiswi yang bentar lagi akan lulus dan melepaskan seragam putih abu-abunya.Berhubung saya adalah salah satu mahasiswi Ilmu Komunikasi di salah satu PTN di RIAU,yaitu UNIVERSITAS RIAU, maka saya akan mencoba menggiring opini anda semua para calon-calon mahasiswa buat milih jurusan yang sama seperti saya, emmm sekalian juga praktek PR buat mempersuasif orang-orang. Kalau istilahnya sih "sambil menyelam minum aer, makan ikan juga deh". !

Tulisan ini akan sedikit menjelaskan kepada kalian mengapa sih harus memilih jurusan ilmu komunikasi di perguruan tinggi. Yap. I'm sure if that's the biggest question in yor mind, isn't it..?? 
Kebutuhan akan kemampuan dalam berkomunikasi yang baik dan efektif merupakan suatu kenyataan yang tidak perlu dipertanyakan lagi saat ini. Kalangan profesional harus memiliki kemampuan komunikasi yang baik agar dapat melejitkan karirnya di dunia profesional. Kalangan politik juga harus memiliki kemampuan komunikasi yang memadai untuk dapat melobi dan memenangkan suatu pemilihan. Bahkan, seorang dokter pun harus tahu cara yang baik untuk berkomunikasi dengan pasiennya agar pengobatan dokter tersebut berhasil. Nah, dengan belajar ilmu komunikasi kalian akan diajarkan bagaimana memahami komunikasi dan cara membangun komunikasi yang efektif.
Mahasiswa ilmu komunikasi akan belajar bagaimana menganalisis sebuah tulisan, gambar, video, percakapan, dan berbagai pesan-pesan elektronik yang dilihat melalui perspektif ilmu-ilmu sosial. Mahasiswa komunikasi juga akan belajar bagaimana meghasilkan pesan yang menjadi sarana ekspresi artistik dan fungsional.
Mahasiswa ilmu  komunikasi juga akan diajarkan bagaimana mengembangkan kemampuan dan pengetahuan dibidang komunikasi yang sangat penting dalam perkembangan zaman ini. Ilmu Komunikasi akan membantu anda memahami cara tatap muka dan pengaruh berbagai media komunikasi dalam kehidupan sehari-hari baik itu dalam dunia kerja, interaksi sosial, opini publik, hubungan masyarakat, kegiatan ekonomi, dan kegiatan dibidang politik.
Tak hanya itu, anda juga akan belajar cara menganalisis dan mengevaluasi praktik komunikasi secara kritis, belajar bagaimana cara berkomunikasi baik secara verbal maupun non-verbal. Anda juga akan dipersiapkan untuk pindah ke sejumlah profesi di mana Anda akan menggunakan keterampilan komunikasi yang efektif untuk terlibat interaksi dengan orang lain.
Lalu, bagaimana dengan peluang dan kesempatan karir bagi lulusan ilmu komunikasi?
Sebagai lulusan ilmu komunikasi, anda akan memiliki banyak kesempatan kerja. Lulusan ilmu komunikasi dapat bekerja sebagai marketing manajer, konsultan, pengajar, periklanan/advertising, dunia broadcasting, penyiar radio, bekerja di industri media baik itu televisi maupun online, personalia, EO (event organizer), jurnalis, dan dunia hubungan masyarakat atau public relations.
Oke, jadi gimana pendapat kalian..? Berminat untuk menjadi mahasiswa Ilmu Komunikasi, minat aja lah yah, hehehe. Tapi itu semua tergantung kata hati kalian. Pilihlah yang terbaik dan sesuai minat bakat kalian yah adek adekku. Kalau benar-benar bingung mau milih fakultas apa buat lanjutan study, saya saranin sholat istikharah dehh...FIGHTING..!!

Sekian Wassalamualaikum wr.wb
Load disqus comments

0 komentar